9 Buah Yang Dianjurkan Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil




      Nutrisi sangat penting bagi wanita hamil. Pakar kesehatan merekomendasikan bahwa wanita hamil memiliki diet yang lebih sehat dari pada sebelum kehamilan dan memberikan asupan yang baik untuk diri mereka sendiri dan janin mereka. Nah, salah satu diet sehat yang bisa dilakukan oleh Anda, calon ibu, adalah dengan mengonsumsi buah.

      Buah memiliki banyak serat dan nutrisi seperti vitamin, asam folat, beta karoten, dan kalium yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh wanita hamil dan pertumbuhan janin. Wanita hamil dianjurkan untuk mengonsumsi buah antara 2-4 porsi per hari, dan setiap 1 hidangan terdiri dari 1 buah berukuran sedang atau 1 mangkuk berisi buah potong. Berikut adalah beberapa buah yang baik untuk wanita hamil.

1. Pisang

Pisang adalah jenis buah yang sangat dianjurkan untuk wanita hamil, karena pisang mengandung banyak kalium, mineral penting yang berguna sebagai pemasok energi dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Selain itu, pisang juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil yang sering mengalami mual. Bahan lain yang ditemukan dalam pisang adalah vitamin C, vitamin B6, dan serat. Pisang dapat dikonsumsi dengan menggabungkannya dengan buah-buahan lain atau dicampur dengan yogurt.
  
2. Apel


Apel memiliki banyak nutrisi yang sangat baik untuk nutrisi bagi wanita hamil, seperti vitamin A, C, D, E, serat, dan seng. Buah ini bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan janin dan menjaga sistem kekebalan dan sistem pencernaan. Risiko asma dan alergi juga lebih rendah pada bayi dari ibu yang mengonsumsi apel secara teratur selama kehamilan.

3. Jeruk



Jeruk kaya akan vitamin C, folat, dan asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghindari dehidrasi pada wanita hamil. Vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel dan penyerapan zat besi. Kandungan folat itu sendiri berguna untuk mencegah janin dari perkembangan otak dan sumsum tulang belakang.

4. Alpukat

Selain memiliki kandungan asam folat yang tinggi, buah ini juga kaya akan zat-zat bergizi seperti vitamin B, C, K, serat, kolin, magnesium, dan kalium. Magnesium dan kalium membantu meringankan mual yang sering dialami oleh wanita hamil. Selain itu, alpukat dapat mengatasi gejala kram dan menjaga perkembangan otak dan saraf pada bayi.



5. Mangga

Buah ini kaya akan vitamin C dan A. Mangga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil. Semangkuk mangga sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam sehari yang berguna untuk pencernaan dan mengurangi sembelit. Kandungan vitamin A dalam mangga juga berlimpah yang dibutuhkan untuk menjaga kekebalan tubuh sehingga bayi terhindar dari gangguan dengan sistem pertahanan mereka. Mangga adalah buah yang sering ada, sehingga tidak sulit untuk mendapatkan buah ini. Secara umum, mangga memiliki rasa yang manis dan dapat digunakan sebagai alternatif ketika wanita hamil ingin makan makanan manis. 

6. Nanas

Selama masa ini, banyak yang percaya bahwa nanas adalah buah yang harus dihindari oleh wanita hamil. Bahkan, hingga saat ini, belum ada bukti ilmiah bahwa nanas berbahaya bagi wanita hamil. Buah ini mengandung bromelain, yang jika dikonsumsi dalam jumlah besar diyakini dapat menyebabkan pendarahan. Namun, bromelain dalam satu porsi nanas cenderung menyebabkan gangguan kehamilan. Nanas sebenarnya kaya akan vitamin C, B6, asam folat, zat besi, magnesium, dan berbagai nutrisi baik lainnya untuk kesehatan ibu hamil dan janin mereka. Meski begitu, hindari mengonsumsi nanas secara berlebihan, terutama pada wanita hamil yang memiliki sistem pencernaan sensitif.



7. Semangka

Sama seperti jeruk, semangka juga memiliki banyak air, sehingga berguna untuk menjaga tubuh wanita hamil terhidrasi dengan baik. Selain itu, semangka juga sarat dengan vitamin, magnesium, dan kalium, yang berguna untuk mengurangi kram otot yang biasa dialami wanita hamil selama trimester terakhir.

8. Pepaya



Pepaya yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil adalah pepaya matang. Jenis pepaya kaya akan vitamin E, C dan sumber serat yang baik untuk mencegah sembelit, dan mengandung asam folat. Sementara pepaya mentah tidak dianjurkan untuk wanita hamil karena mengandung lateks yang dapat memicu kontraksi di dalam rahim. Anda juga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi buah ini.

9. Anggur

Anggur adalah buah yang baik untuk wanita hamil karena mengandung magnesium, folat, dan sejumlah vitamin. Kandungan magnesiumnya bermanfaat untuk mengurangi kram selama kehamilan.